Aji Yulianto
Di bawah ini adalah Tempat Wisata Banyumas. Peta Wisata Banyumas dari Google dengan penanda oleh The Aroengbinang Project, berisi lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, dan tempat lainnya di Banyumas akan ditambahkan kemudian. Tempat Wisata Banyumas dan Peta Wisata Banyumas dari The Aroengbinang Project ini akan diperbarui ketika informasi baru tersedia, dan posisi koordinat GPS dari Tempat Wisata Banyumas itu telah diperoleh.

Tempat Wisata Pegunungan, Banyumas

Lokawisata Baturaden, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata BanyumasTempat Wisata di lereng selatan Gunung Slamet (3.428 meter), sekitar 14km dari Purwokerto, dengan hawa sejuk di siang hari dan sangat dingin di malam hari. Ada banyak hotel, villa dan tempat makan yang nyaman dan murah. Sate kelinci banyak dijajakan di tempat ini… [Baca selengkapnya...]

Tempat Wisata Air Panas, Banyumas

~ Mata Air Panas Kalibacin, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata di Tambak Negara, Kecamatan Rawalo, sekitar 17 km dari Purwokerto, yang merupakan peninggalan jaman Belanda. Mata air panas Kalibacin dipercaya dapat menyembuhkan menyembuhkan penyakit kulit dan tulang.

~ Pancuran Pitu, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata di dalam Lokawisata Baturaden, yang merupakan sumber air panas berbelerang yang keluar melalui tujuh pancuran. Dicapai dengan berjalan kaki sejauh 2,5 km dari lokawisata Baturaden, atau dengan kendaraan pribadi atau umum melalui Bumi Perkemahan Baturaden.

~ Pancuran Telu, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata pancuran air panas berbelerang yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit gatal ini berada di dalam Lokawisata Baturaden. Di jalan menuju pancuran ada petilasan Mbah Atas Angin, yang konon adalah.. [Baca selengkapnya...]



Tempat Wisata Gua, Banyumas

~ Gua SaraBadak, Tempat Wisata Banyumas
Tempat wisata yang berada di sekitar 50 meter dari Pancuran Pitu, tempat pertemuan aliran air panas yang mengandung belerang, dengan air dingin, dengan bebatuan warna keemasan yang menakjubkan. Kabarnya Gua ini ditutup karena longsor, sehingga hanya bisa dilihat dari luar.


~ Gua Selirang, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata yang berada di sekitar area Pancuran Pitu, berdekatan dengan Gua SaraBadak, berupa gua kecil yang mulut guanya tertutup oleh aliran air dari atas tebing.



Tempat Wisata Curug, Banyumas

~ Curug Gede, Tempat Wisata Banyumas
Curug Gede terletak di desa wisata Ketenger, kurang lebih 3 km dari lokasi wisata Baturraden. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati air terjun dengan keindahan alam dan aneka lempengan batu.

~ Curug Belot, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata air terjun yang indah, dengan air deras, namun belum banyak disentuh dan masih alami, yang berada di Desa Rempoah Baturraden. GPS: -7°21’29″, 109°14’23″

~ Curug Cipendok, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, dengan ketinggian 92 meter, dengan hawa yang sejuk. Lokasinya cukup mudah untuk dicapai, dan pengunjung bisa menikmati mendoan dan susu murni saat berjalan kaki menuju curug.

~ Curug Ceheng, Tempat Wisata Banyumas
Curug Ceheng menampilkan keindahan air terjun yang dihiasi maraknya satwa lawa (sejenis kalong) yang beterbangan di sekitamya.

~ Curug Pengantin, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata di tengah hutan Dusun Parduli, Desa Kracak, Ajibarang. Meskipun tinggi air terjunnya hanya dua meter, namun dipercaya oleh warga Parduli dan sekitarnya bahwa bila mandi di sini akan menolak bala dan mempercepat jodoh.



Tempat Wisata Masjid, Banyumas

~ Masjid Saka Tunggal, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata di Desa Cikakak kecamatan Wangon, sekitar 30 km dari Purwokerto, yang dibangun pada tahun 1288, yang terukir pada Saka Guru masjid. Di sekitar masjid terdapat hutan pinus yang di huni ratusan ekor kera jinak.



Tempat Wisata Museum, Banyumas

~ Museum Wayang Sendang Mas, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata museum yang berada di kompleks kadipaten kota Banyumas. Museum ini dibangun tahun 1982 dengan koleksi wayang kulit, wayang golek, wayang beber, wayang krucil, wayang kidang kencana, wayang merak dan wayang lainnya, benda-benda pusaka, benda purbakala dan kitab-kitab kuno.

~ Museum Uang BRI, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata museum perbankan yang berada di Jl. Jenderal Soedirman, Purwokerto, berisi perjalanan perbankan (BRI) mulai berdiri sampai sekarang serta koleksi uang kuno mulai jaman Majapahit sampai dengan uang jaman sekarang.



Tempat Wisata Bumi Perkemahan, Banyumas

~ Bumi Perkemahan Baturraden, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata di kawasan Baturraden, merupakan camping ground yang sering digunakan para pecinta alam dan penikmat kegiatan out bond. Pernah digunakan sebagai tempat Jambore Nasional Gerakan Pramuka se-Indonesia pada tahun 2001.

~ Bumi Perkemahan Kendalisada, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata di Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Banyumas. Bumi perkemahan ini luasnya kurang lebih 20 hektar dengan dilengkapi gedung Serba Guna (208 m²) dan asrama (120 m²). Bumi perkemahan ini bisa pula dipakai untuk motor cross, terbang layang, dan rekreasi remaja.



Tempat Wisata Danau, Banyumas

~ Telaga Sunyi, Tempat Wisata Banyumas
Terletak kurang lebih 3,5 km di sebelah timur Baturraden. Telaga ini begitu indah dengan airnya yang dingin dan sangat jernih. Pada musim-musim tertentu dapat dijumpai aneka warna kupu-kupu dan capung yang beterbangan di sekitar telaga



Tempat Wisata Bendungan, Banyumas

~ Bendung Gerak Serayu, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata bendungan yang mulai dibangun pada tahun 1993 dan diresmikan bulan November1996 yang mengairi sawah-sawah di Banyumas dan Cilacap, serta sebagian wilayah Kebumen. Jalan menuju lokasi wisata ini cukup baik, dengan tempat parkir luas, serta pemandangan sekitar yang indah. . GPS: -7°31’30″, 109°12’4″.



Tempat Wisata Fauna, Banyumas

~ Kebun Binatang Kaloka Widya Mandala, Tempat Wisata Banyumas
Tempat Wisata yang diresmikan pada 17 Mei 1995, dengan koleksi sapi berkaki lima, kambing berkaki tiga, gajah, beruk, buaya Irian, ular sanca, kasuari, monyet, landak, iguana, cendrawasih, kelelawar, ayam kate, ayam mutiara, orang utan, elang bondol dan rusa.



Tempat Wisata Kuliner

~ Getuk goreng Sokaraja
Jajanan dan oleh-oleh dari Sokaraja, terbuat dari singkong yang ditumbuk dan berbentuk gumpalan kecoklatan, dengan rasa yang manis gula Jawa, dikemas dalam besek dengan barbagai ukuran.

~ Soto Sokaraja
Ada banyak tempat makan soto di Sokaraja, dari awalnya hanya sebuah warung Soto Sokaraja yang bernama Kecik. Kekhasannya ada pada sambal kacang yang kental, serta irisan ketupat, dan kuah soto yang bercampur kerupuk.

~ Soto Jalan Bank
Ini adalah soto favorit saya, dan selalu menyempatkan mampir ketika baru tiba di Purwokerto, apakah setelah turun dari kereta api, atau pun jika menggunakan kendaraan sendiri. Ada beberapa warung soto di Jl. Bank, namun yang selalu saya kunjungi adalah Soto Sungeb.

Mendoan dan keripik tempe adalah makanan khas Banyumas yang tidak boleh dilewatkan, dan bisa dijumpai di banyak tempat. Nopia dengan berbagai ukuran dengan rasa yang manis juga perlu dicoba. Untuk membeli mendoan dan jajanan yang lain anda bisa singgah ke Jl. Jend Sutoyo – Sawangan.




*Sumber: The Aerongbinang Project

0 Responses