Aji Yulianto







Hoho, sebuah pengalaman yang berharga buatku. Mengajarkan rajutan kepada anak-anak ternyata sangat menyenangkan, dan menambah semangat rasanya.







Kamis tanggal 8 April yang lalu, aku iseng ke toko benang MICKY MOCKO yang terletak di lantai 5 Plaza Blok M, niatnya mau beli benang warna coklat buat melengkapi project MURI.

Sesampainya di MIMO ternyata benang yang aku cari lagi kosong, stok habis. Tapi alhamdulillah mulai minggu depan kemungkinan benang yang lagi banyak dicari sama rajuter ini sudah tersedia di MIMO. Waktu itu aku cuma beli benang wool Orion Top warna hitam dan putih @1 gulung buat persiapan project yang lain aja. Kebetulan sore itu ada mas Martin dan ada tante Yetty tentunya (pemilik MIMO), jadi aku stay di situ sampai sore buat nemenin ngobrol.

Sore itu mas Martin lagi mengerjakan "Yubiami", atau finger knitting (merajut dengan jari). Pas aku udah mau pulang jam setengah enam kurang, tiba-tiba tante Yetty menyuruh mas Martin untuk megajakku membantu workshop yubiyami. Wow, it`s a new challenge for me.?? Aku bersediaaa..

Karena aku belum pernah belajar yubiyamu, sore itu juga aku langsung belajar. Sayangnya cuma beberapa menit aja waktu itu karena aku mesti pergi buat lanjutin kerja. Tapi lumayan, aku dah sedikit paham waktu itu, gak susah-susah banget kok.:)

Tentu agar lebih matang dalam ber-yubiami aku mesti belajar lagi sama mas Martin. Dilanjutkan pada hari Jum`at dan Minggu.


And then...
Tiba juga saat-saat yang mendebarkan buatku, hehe. Hari Selasa 13 April aku bersama team MIMO berjumlah 9 orang berangkat ke Singapore Internasional School yang terletak di daerah Lebak Bulus, JAKSEL.

Aku, mbak Linda Nicegreen , mbak Asih, mas Martin, Ria, Apri, tante Yetty dan Lestari (pemilik MIMO) berangkat bersama-sama dari MIMO Tebet, ada satu yang datang menyusul
yaitu mbak Tina.

Tiba di lokasi sekitar pukul 11.50 siang, kemudian kami langsung diarahkan menuju kelas yang akan diajar bersama wakil kepala sekolah SIS.


Banyak Kejutan

Awalnya aku pikir akan mengajar anak-anak SMP atau SMA, jadi aku grogi. Ternyata kami mengajarkan kepada anak-anak SD, kelas dibagi menjadi 4.
Lupa deh nama-nama kelasnya, lain-lain gitu. Mas Martin mengajar sendiri, terus mbak Linda sama mbak Apri, Aku dengan mbak Ari, dan mbak Ria dibantu tante Yetty.

Aku memasuki ruangan kelas sambil bawa setumpuk benang buat dibagikan sama anak-anak. Di kelasku dengan mbak Asih sendiri berjumlah 26 siswa, 4 kelas total 91 siswa. Wah kelasku yang paling banyak kayaknya. >,< style="font-style: italic;">I can`t speak english fluently.!!
Tapi untung gak secara keseluruhan komunikasi kami dengan bahas Inggris, aku ajak pake bahasa Indonesia aja pada "nyahut" kok.

It`s okay.!! Yang terpenting buatku mereka bisa memahami apa yang aku katakan dan ajarkan.

Sebagian siswa ditangani sama mbak Asih. Mulai dari cara mengambil benang, karena ini Yubiami harus memakai benang double. Lalu membuat simpul, cara mengaitkan dan menarik benang, secara pelan aku datangi tiap siswa yang kesulitan.
Sebagian dari mereka ada yang cepet paham dengan Yubiami, hoho seneng liatnya. Gak cuma cewek, yang cowok juga banyak yang pinter. Gak sedikit juga yang merasa kesulitan, sampai aku suruh untuk membongkar kembali karena salah. Kasian sebenarnya, tapi tetap aku tuntun biar semangat.

Berasa sumuk, ternyata ruang kelas kami AC nya gak nyala. Tapi tetap semangat melihat mereka, lanjuut.!! Saking asyiknya, gak tau kalo ternyata mbak Asih udah gak satu ruangan. Katanya dia ditarik sama siswa ruangan sebelah supaya bantu anak-anak yang lain. Hoho, sana sini panggil "mister mister, mas mas, is it correct.??" Dengan sabar aku bimbing mereka. Ada yang udah paham tapi masih tetap tanya, mungkin karena kurang percaya diri. Ada yang udah bisa tapi sayang benangnya stuck, terpaksa harus dipotong.

Sampai sekitar pukul setengah tiga kelas mulai bubar, alhamdulillah.
Aku meninggalkan ruangan kelas menuju ruang kelas sebelah dimana ada mbak Asih. Ternyata dia masih mengajar, gak lama aku tungguin lalu dia keluar. Karena memang waktunya udah selesai, dan teman-teman yang lain pun udah menunggu. Sempat foto bersama-sama kayak di lobby gitu deh, buat kenang-kenangan, hehe.

Pukul 3 sore kami bergerak meninggalkan lokasi, setelah sempat ngemil dan minum di kantin yang terletak di depan sekolah. Aku bersama yang lainnya kembali ke MIMO Plaza Blok M, sedang mas Martin dan tante Lestari kembali ke Tebet.

Tadinya sih aku niat mau main ke Bekasi ke tempat teman, tapi berhubung agak capek dan cuaca yang gak mendukung, aku batalkan niat. Akhirnya aku stay di MIMO sambil beristirahat.
Hoho, semuanya ditraktir nasi padang sama tante Yetty, santap dah.!!
Berileksasi dengan menyelesaikan Yubiami, sambil ngobrol-ngobrol dengan yang lain.
Hmm, mau pulang rasanya males, sampe setengah sembilan baru pulang.

Sungguh pengalaman yang berharga, jadi tahu gimana sih jadi guru.?? Hehe, walaupun cuma sebentar. Dan jadi lebih banyak tahu soal Yubiami.
Aku sampaikan terima kasih banyak buat tante Yetty yang udah mau mengajakku dalam workshop Yubiyamu ini. Mas Martin, mbak Linda, mbak Asih dan teman-teman yang lain atas dukungannya.

Quote from Linda:
Semoga berawal dari keliling sekolah international, berlanjut keliling Indonesia dan juga keliling dunia karena benang. amiiiiiiiiiiiin

Amiien yaa rabbal `alamiin.!!

Bagi teman-teman yang berminat untuk belajar Yubiyami atau merajut (crochet dan knitting), untuk yang berada di wilayah Jakarta bisa datang ke Micky Mocko @Plaza Blok M lt.5 , bisa menemui mas Martin Suhanda .

Next....
Menyelesaikan Yubiami-ku jadi tas kecil, dan project MURI.
Bismillahirrahmanirahiim..


Photos by Linda Nicegreen
Aji Yulianto
Simple gift for my friend`s birthday..

Memanfaatkan benang pemberian dari mbak Thata, benangnya softy gitu. Warna apa si tuh.?? agak kebiru-biruan gitu yah.??
Hahhah, maklum sedikit buto worno.


Dikerjakan mulai tanggal 22 April selama 2 hari. Jauh-jauh hari aku dah siapin gift, hoho.
Ulang tahunnya sih kemaren yah pas tanggal 12 April, tapi baru aku publish nih soalnya nunggu dia jadi foto model. :D
Namanya Lian.............


Happy Birthday...
Nambah usia nambah dewasa..
Sukses selalu dan panjang umur yang barokah.. Amieen.!!
Tetep semangat.!!

Gak ada salahnya kan ngucapin lagi dangdong. :thumbsup:

foto @ubin


Awalnya sih bingung mau kasih gift apa. Terus aku cari-cari di buku yang kira-kira cocok.
Akhirnya aku nemu di buku pola yang beli dari mbak Nana, aku buatkan bandana.

Proses pemberiannya sih gak secara langsung, tapi via pak pos. :love:
Hmm, gitu aja deh. Aku gak mau banyak-banyak nulis ah.


Makasih banyak mbak Thata atas benang-benangnya nih.
Makasih juga pak post atas jasa-jasamu.
Special thanks buat titi a.k.a Tri , yang udah mau membantuku untuk menyampaikan niat.:)
Aji Yulianto

APRIL MOP = PERINGATI PEMBUNUHAN MASSAL SPAIN's MOSLEMs

السلام عليكم . بِسْــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم.لا إله إلاَّ الله.محمد رسو ل الله
الحمد لله رب العا لمين. الصلاة و السلام على رسو ل الله.اما بعد

Qs.5 Maa'idah:63. Mengapa orang-orang alim mereka, pendeta-pendeta mereka tidak melarang mereka mengucapkan perkataan bohong dan memakan yang haram? Sesungguhnya amat buruk apa yang telah mereka kerjakan itu.

Qs.24 Nuur:15. Di waktu kamu menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar.

BARANG SIAPA MENGIKUTI SUATU KAUM, MAKA IA TERMASUK KAUM ITU

April telah tiba, ada suatu kebiasaan jahiliah yang patut kita waspadai bersama sebagai seorang Muslim; 1 April sebagai hari April Mop. April Mop sendiri adalah hari di mana orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain. Tapi tahukah Anda apakah April Mop itu sebenarnya?

Sejarah April Mop

Sebenarnya, April Mop adalah sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka.

Biasanya orang akan menjawab bahwa April Mop—yang hanya berlaku pada tanggal 1 April—adalah hari di mana kita boleh dan sah-sah saja menipu teman, orangtua, saudara, atau lainnya, dan sang target tidak boleh marah atau emosi ketika sadar bahwa dirinya telah menjadi sasaran April Mop.

Biasanya sang target, jika sudah sadar kena April Mop, maka dirinya juga akan tertawa atau minimal mengumpat sebal, tentu saja bukan marah sungguhan.

Walaupun belum sepopuler perayaan tahun baru atau Valentine's Day, budaya April Mop dalam dua dekade terakhir memperlihatkan kecenderungan yang makin akrab di masyarakat perkotaan kita. Terutama di kalangan anak muda.

Bukan mustahil pula, ke depan juga akan meluas ke masyarakat yang tinggal di pedesaan. Ironisnya, masyarakat dengan mudah meniru kebudayaan Barat ini tanpa mengkritisinya terlebih dahulu, apakah budaya itu baik atau tidak, bermanfaat atau sebaliknya.

Perayaan April Mop berawal dari suatu tragedi besar yang sangat menyedihkan dan memilukan? April Mop, atau The April's Fool Day, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 M, atau bertepatan dengan 892 H.

Sejak dibebaskan Islam pada abad ke-8 M oleh Panglima Thariq bin Ziyad, Spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negeri yang makmur. Pasukan Islam tidak saja berhenti di Spanyol, namun terus melakukan pembebasan di negeri-negeri sekitar menuju Perancis.

Perancis Selatan dengan mudah dibebaskan. Kota Carcassone, Nimes, Bordeaux, Lyon, Poitou, Tours, dan sebagainya jatuh. Walaupun sangat kuat, pasukan Islam masih memberikan toleransi kepada suku Goth dan Navaro di daerah sebelah barat yang berupa pegunungan. Islam telah menerangi Spanyol.

Karena sikap para penguasa Islam yang begitu baik dan rendah hati, banyak orang-orang Spanyol yang kemudian dengan tulus dan ikhlas memeluk Islam. Muslim Spanyol bukan saja beragama Islam, namun sungguh-sungguh mempraktikkan kehidupan secara Islami.

Tidak saja membaca Al-Qur'an, namun bertingkah-laku berdasarkan Al-Qur'an. Mereka selalu berkata tidak untuk musik, bir, pergaulan bebas, dan segala hal yang dilarang Islam. Keadaan tenteram seperti itu berlangsung hampir enam abad lamanya.

Selama itu pula kaum kafir yang masih ada di sekeliling Spanyol tanpa kenal lelah terus berupaya membersihkan Islam dari Spanyol, namun selalu gagal. Maka dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mempelajari kelemahan umat Islam Spanyol.

Akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukkan Islam, yakni dengan pertama-tama melemahkan iman mereka melalui jalan serangan pemikiran dan budaya. Maka mulailah secara diam-diam mereka mengirimkan alkohol dan rokok secara gratis ke dalam wilayah Spanyol.

Musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari daripada membaca Al Qur'an. Mereka juga mengirimkan sejumlah ulama palsu untuk meniup-niupkan perpecahan ke dalam tubuh umat Islam Spanyol. Lama-kelamaan upaya ini membuahkan hasil.

Akhirnya Spanyol jatuh dan bisa dikuasai pasukan salib. Penyerangan oleh pasukan salib benar-benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, tetapi juga penduduk sipil, wanita, anak-anak kecil, orang-orang tua. Satu-persatu daerah di Spanyol jatuh.

Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (juga disebut orang Moor) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri.

Tentara-tentara salib terus mengejar mereka. Ketika jalan-jalan sudah sepi, tinggal menyisakan ribuan mayat yang bergelimpangan bermandikan genangan darah, tentara salib mengetahui bahwa banyak muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah.

Dengan lantang tentara salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka.

Orang-orang Islam masih curiga dengan tawaran ini. Namun beberapa dari orang Muslim diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang sudah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah disediakan, mereka pun segera bersiap untuk meninggalkan Granada dan berlayar meninggalkan Spanyol.

Keesokan harinya, ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah-rumah mereka dengan membawa seluruh barang-barang keperluan, beriringan berjalan menuju ke pelabuhan. Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai pasukan salib, memilih bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumah mereka.

Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara salib menggeledah rumah-rumah yang telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika mereka membakari rumah-rumah tersebut bersama dengan orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya.

Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan, hanya bisa terpana ketika tentara salib juga membakari kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam.

Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari para perempuan dengan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. Sedang para tentara salib telah mengepung mereka dengan pedang terhunus.

Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara salib segera membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The April's Fool Day). Pada tanggal 1 April, orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain.

Bagi umat kristiani, April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

Bagi umat Islam, April Mop tentu merupakan tragedi yang sangat menyedihkan. Hari di mana ribuan saudara-saudaranya se-iman disembelih dan dibantai oleh tentara salib di Granada, Spanyol. Sebab itu, adalah sangat tidak pantas juga ada orang Islam yang ikut-ikutan merayakan tradisi ini.

Siapapun orang Islam yang turut merayakan April Mop, maka ia sesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudara-saudaranya di Granada, Spanyol, 5 abad silam.

Jadi, perhatikan sekeliling Anda, anak Anda, atau Anda sendiri, mungkin terkena bungkus jahil April Mop tanpa kita sadari.