Aji Yulianto
Copas dari milis Mari Merajut

Dear rajuters,

tulisan saya kali ini terpicu oleh beberapa orang (di Facebook) yang saya temukan menjual "e-book" craft illegal, termasuk buku-buku knitting dan crocheting. Padahal saya yakin yang bersangkutan (si penjual) pun mendapatkan "e-book" (saya beri tanda kutip karena ini sebetulnya hanya hasil scan dari buku-buku aslinya) itu hasil download dari file-file yang di-share secara GRATIS di internet. Bukan karena ybs punya buku-bukunya, lalu discan sendiri. Yang bersangkutan memanfaatkan ketidaktahuan calon customernya akan adanya file-file gratis tersebut, dan mengambil keuntungan dari situ.

Itu satu kasus.

Kasus lainnya saya dengar dari beberapa teman, ada yang meminjam buku-bukunya (yang dibeli dengan uang hasil keringat sendiri), lalu buku tersebut discan dan/atau difotokopi, kadang sampai bukunya rusak, lalu hasil scan dan/atau fotokopi itu dijual. Ini sudahpun tidak menghargai yang punya buku (teman sendiri yang bukunya dipinjam), ybs menjual barang ilegal pula.

Saya paham, bahwa mahalnya harga buku pola impor mendorong terjadinya hal-hal seperti ini. Tapi hal itu tidak bisa jadi pembenaran perbuatan seperti ini.

Setahu saya penggandaan sebagian dari buku diperbolehkan untuk personal use. Tidak untuk digandakan secara berlipat-lipat lalu dijual.

Jadi saya menghimbau, seandainya di milis ini ada yang menjual 'e-book' ilegal dan fotokopian, tolong dihentikan. Kalau barangnya didapat secara gratis, berikan saja secara gratis juga, jangan dibisniskan. Mari kita hargai kerja keras penulis buku, perancang pola, dan penerbit yang sudah keluar biaya untuk memproduksinya. Dengan adanya file-file scan gratisan yang seliweran di internet aja mereka udah rugi besar, janganlah ditambah-tambah dengan mengambil keuntungan di atas penderitaan mereka. Please keep them in mind.

Kalau ada yang ingin sharing link file-file tersebut di sini, tolong dilakukan di jalur pribadi, sebisa mungkin jangan lewat milis. Dengan cara ini paling tidak filenya hanya menyebar ke satu-dua orang, tidak ribuan orang.

Terimakasih

salam,
dydy
-admin milis MM-
Labels: edit post
0 Responses